0 Profil Asuma Sarutobi




Asuma Sarutobi.png

*Debut
  • Manga: Chapter #34
  • Anime: Naruto Episode #3
  • Movie: Naruto Shippūden 3: Inheritors of the Will of Fire
  • Video Game: Naruto: Ultimate Ninja
  • OVA: Hidden Leaf Village Grand Sports Festival!
  • Muncul dalam Anime, Manga, Game dan Movie

*Pengisi Suara

  • English: Doug Erholtz 
  • Japanese:
¤ Jurota Kosugi
¤ Fujiko Takimoto (Kecil di Naruto Shippuden 4: The Lost Tower)

*Personal

  • Ulang Tahun: 18 Oktober
  • Jenis Kelamin: Pria
  • Umur:
¤ Part I: 27-28
¤ Part II: 31 (Meninggal)

  • Tinggi: 190.8 cm
  • Berat: 81.6 kg
  • Gol. Darah: O
  • Asal: konohagakure
  • Team:
¤ 12 ninja pelindung
¤ Team Asuma
¤ Niju Shotai

  • Klan: Klan Sarutobi
  • Rank: Jonin
  • Ninja Registration: 010829
  • Usia Lulus Academy: 9 Tahun
  • Masuk Chunin: 12 Tahun
  • Keluarga:
¤ Sasuke Sarutobi (Kakek)
¤ hiruzen sarutobi (Ayah)
¤ Biwako Sarutobi (Ibu)
¤ Anak Kurenai Yuhi (Anak)
¤ Konohamaru Sarutobi (Keponakan)
¤ Kurenai Yuhi (Kekasih)

  • Elemen: 
¤ fuuton (angin)
¤ katon (api)

*Jutsu 

  • Katon: Haisekisho (Gundukan Abu Bakar) 
  • Hien (Pisau Terbang) 
  • Raigo: Senjusatsu (Teknik Seribu Tangan Dewa) 
  • Futon: Fujin no Jutsu (Teknik Awan Debu) 
  •  Futon: Suiran Reppu (Badai Angin Permata) 

*Peralatan

  • Chakura To (Pisau Khusus Asuma) 

Asuma Sarutobi (猿飛アスマ, Sarutobi Asuma) adalah seorang Shinobi Tingkat Jonin dari klan Sarutobi Konohagakure serta mantan anggota Dua Belas Ninja Pelindung. Dia juga pemimpin dari Tim 10.

  • [Latar Belakang]
Asuma adalah putra Hiruzen dan Biwako Sarutobi, dan dia adalah paman dari Konohamaru. Pada saat penyerangan kyuubi di konoha, ia bersama dengan ninja muda lainnya dilarang oleh ayah Kurenai Yuhi ikut untuk mempertahankan desa.





**ket gambar: Asuma dan Chiriku saat menjadi bagian dari Dua Belas Ninja Pelindung. 

Di beberapa titik waktu, ia memiliki perbedaan pendapat dengan ayahnya, dan meninggalkan Konoha untuk mengejar kepentingan pribadinya. 

Selama kepergiannya, ia menjadi salah satu Dua Belas Ninja Pelindung, sebuah kelompok yang melindungi daimyo Negara Api, anggotanya ditandai dengan selempang tanda kanji api di pinggangnya. Ia menjalin persahabatan dengan biarawan bernama Chiriku, yang akhirnya menjadi kepala biksu di Kuil Api. Sebelum kembali ke Konoha untuk menjadi ninja di konoha, kepalanya dihargai 35 juta ryo di pasar gelap, sesuatu yang tampaknya menjadikannya sangat bangga.
  • [Kepribadian]

Asuma adalah individu yang santai, dan tidak pernah melibatkan dirinya dalam hal-hal yg tidak perlu, seperti yang terlihat ketika ia memutuskan untuk tidak membantu menyelamatkan Hinata Hyuga saat Ujian Chunin. Dia sering terlihat merokok dan merokok sekitar dua bungkus rokok sehari. Meskipun demikian, ia akan melanggar kebiasaan itu ketika sesuatu mengganggu pikirannya, seperti ketika Hokage Ketiga meninggal. Dia juga akan berhenti merokok ketika merasakan hal buruk akan terjadi seperti di akhir hidupnya. 



**ket gambar: Asuma dan Shikamaru bermain shogi.
Asuma memiliki hubungan yang sangat dekat dengan timnya, meskipun ia percaya bahwa murid2nya itu terdiri dari "rakus" (Choji), "bawel" (Ino), dan "pemalas" (Shikamaru). Ia sering membawa mereka ke Yakiniku Q untuk makan siang dan makan malam. Sering kali Choji makan terlalu banyak dan Asuma harus membayar lebih atau meminta maaf kepada pemiliknya. Untuk membantu mereka mengatasi sifat kurang berprestasi mereka, ia berusaha menggunakan suap atau tipu daya langsung untuk memanipulasi mereka melakukan apa yang diinginkannya. Hal ini terlihat paling dominan dengan Choji, Asuma sering dapat menariknya dengan janji makanan. Namun Asuma murid yg paling dekat dengannya adalah Shikamaru. Asuma dan Shikamaru sering bermain shogi atau Go di waktu luang mereka, meskipun Asuma tidak pernah bisa mengalahkan Shikamaru. Asumalah yg pertama kali menemukan bahwa Shikamaru yg malas ternyata sebenarnya jenius, dengan IQlebih dari 200. 


Sepanjang seri terlihat Asuma memiliki hubungan khusus dengan Jonin lain Kurenai Yuhi. Keduanya tampil selalu tampil bersama dalam sebagian besar adegan mereka, dan karakter lain selalu mengejek mereka. Ketika Kakashi Hatake menemukan keduanya bersama di sebuah toko pangsit, Kakashi bertanya apakah mereka sedang berkencan, Asuma yang menanggapi dengan cepat mengubah topik pembicaraan. Dalam kilas balik, Asuma ditunjukkan membeli bunga untuk seseorang namun ia menolak untuk menyebutkannya, meskipun Ino bertanya bahwa ia akan memberinya pada Kurenai, Asuma yg gugup bertanya bagaimana dia tahu tentang hal ini. Selama pertempuran Asuma dengan Hidan dan Kakuzu, Kurenai ditampilkan dgn serba cemas. Ketika ia mendengar kematiannya, ia terlihat sangat sedih. Dia kemudian meletakkan bunga di kuburan saat pemakamannya. Kebenaran dari hubungan mereka kemudian diperjelas ketika Kurenai mengungkapkan bahwa dia sedang mengandung anak Asuma. 



  • [Penampilan]

**ket gambar: Asuma (paling kanan) di masa mudanya saat serangan Kyuubi di Konoha.

Asuma memiliki mata coklat, pendek, rambut runcing hitam dan jenggot. Pakaian-Nya terdiri dari seragam standar Ninja Konoha dengan lengan digulung setengah, tentunya dgn jaket khas jonin, dan ia memakai sandal Shinobi dan pelindung dahi. Dia juga mengenakan selempang khas Dua Belas Ninja Pelindung yang memiliki kanji "Api" (
) di atasnya yg ia pakai di pinggang, sepasang gelang hitam dan perban melilit lengan lengan bajunya.

Dalam anime, saat ia menjadi anggota Dua Belas Ninja Pelindung ia mengenakan kemeja lengan panjang sederhana dengan balutan di lengan, celana, ikat pinggang yang menunjukkan bahwa dia adalah seorang anggota dan jaket dengan kerah bulu. Dia juga memiliki pisau khusus.


  • [Kemampuan]
Asuma adalah seorang shinobi tingkat Jonin yang sangat berbakat, karena ia pernah menjadi anggota dari Dua Belas Ninja Pelindung, dan bahkan kepalanya dihargai 35.000.000 ryo di dunia hitam.
Saat Invasi Konoha yg dilakukan orochimaru ia mampu membunuh sembilan ninja Otogakure, yang ia katakan walau tingkat chunin tapi mereka tak berdaya.

Dalam anime, Asuma diajarkan bagaimana menggunakan teknik utama dari Kuil Api, yaitu Raigo: Senjusatsu. Teknik ini diaktifkan ketika pengguna mengambil sikap tertentu dengan tangan kiri mereka membuat segel setengah domba dan kemudian memperluas tangan kanan mereka turun dengan telapak tangannya sejajar dengan tanah. Setelah sikap itu dilakukan semangat Seribu tangan dewa akan aktif untuk pertahanan pengguna, atau menyerang musuh. Teknik ini hanya dapat dilakukan dengan chakra khusus. Namun, keterampilannya dengan teknik ini jauh lebih rendah daripada Chiriku, sehingga ia hanya menciptakan semangat seribu tangan yg jauh lebih kecil.

*Taijutsu

**ket gambar: Asuma dengan Pisau Chakra-nya.
Gaya Bertarung Asuma adalah dgn taijutsu yg dikombinasikan dengan pisau khusus nya. Pisau ini terbuat dari logam khusus yang mampu dengan mudah diresapi dengan chakra.


Dengan Hien, ia bisa memperpanjang ketajaman pisau dengan chakra nya untuk melukai musuh yg beberapa meter di luar jangkauan fisik pisau itu, serta meningkatkan daya potong pisau yg bahkan dgn mudah dapat membelah pohon, batu bahkan besi.


*Ninjutsu

>Perubahan Chakra

**ket gambar: Asuma menggunakan Katon: Haisekisho.
Asuma memiliki kemampuan untuk menggunakan dua perubahan chakra yaitu Elemen Api serta Elemen Angin. Ia terampil dalam menggunakan kemampuan manipulasi dalam kombinasi elemen angin dengan pisau khususnya untuk meningkatkan kinerja pisau-nya. Ketika mengajari Naruto Uzumaki tentang chakra berbasis angin, Asuma menjelaskan bahwa senjatanya dapat ditingkatkan dgn elemen angin, dgn itu pisau khususnya memiliki kekuatan yg dapat digunakan untuk menembus batuan. Asuma juga berpengalaman dalam teknik elemen angin, seperti Fuuton: Fujin no Jutsu. Dalam anime, ia menunjukkan bahwa ia bisa menggunakan chakra angin nya untuk melayangkan pisaunya dan mengendalikannya dari jarak jauh. 

Kemampuan-Nya dengan Elemen Api ditunjukkan nya saat menggunakan Katon: Haisekisho untuk awan debu panas yg mampu menyebabkan luka bakar tingkat tinggi. Karena itu walaupun abu itu tanpa api, serangan itu tetap di udara sekitar target, dan karena itu tetap manjur untuk jangka waktu yang lebih lama. Abu itu sebenarnya adalah bubuk mesiu, yang dapat memicu ledakan yang menghancurkan dan menyebabkan kerusakan lebih mengerikan.

  • [Statistik]
Kekuatan Asuma Menurut Databook:

* Databook I

- Ninjutsu 4
- Taijutsu 4,5
- Genjutsu 3,5
- Kecerdasan 4
- Kekuatan 4
- Segel 4,5
- Stamina 3,5
- Kecepatan Tangan 3,5
- Jumlah 31,5

* Databook II

- Ninjutsu 4,5
- Taijutsu 4,5
- Genjutsu 3,5
- Kecerdasan 4,5
- Kekuatan 4
- Segel 4,5
- Stamina 3,5
- Kecepatan Tangan 3,5
- Jumlah 32,5

* Databook III

- Ninjutsu 4,5
- Taijutsu 4,5
- Genjutsu 3,5
- Kecerdasan 4,5
- Kekuatan 4
- Segel 4,5
- Stamina 3,5
- Kecepatan Tangan 3,5

- Jumlah 32,5

  • [Asuma dalam Bagian I]

*Arc Ujian Chunin

Ketika Choji, takut dalam kompetisi ujian chunin, Asuma meyakinkannya untuk tidak takut dengan menawarkannya untuk "dapat semua makan yg disukainya" barbekyu (yakiniku atau Kalbi Korea). Asuma juga mengklaim bahwa ia akan menghentikan pertandingan jika pertarungan tidak seimbang, seperti yg Jonin lain lakukan saat pertandingan Hinata Hyuga.

*Arc Invasi Konoha


**ket gambar: Asuma menyelamatkan Shikamaru.
Saat invasi Konoha, Shikamaru ditinggalkan sendiri untuk menghadapi kelompok ninja oto yg menyerang. Kemudian, saat Shikamaru sudah kehabisan pilihan, dan sepuluh ninja Oto hendak menghabisinya, Asuma muncul dan seorang diri mengalahkan kelompok itu dan menyelamatkan muridnya. Setelah invasi, ia menghadiri pemakaman ayahnya.

*Arc Mencari Tsunade


**ket gambar: Pertarungan Asuma dengan Kisame.
Saat pertempuran singkat dengan Itachi Uchiha dan Kisame Hoshigaki, Asuma berhasil menangkap Kisame dengan pisau khususnya,  
dan ia meninggalkan luka di pipi Kisame tepat di bawah mata. Menyaksikan pisau terbuat dari chakra angin, Kisame beralih ke nijutsu dan menggunakan Suiton: Suikōdan no Jutsu untuk menyerang Asuma. Namun Kakashi Hatake tiba pada waktu yg tepat untuk menyalin teknik kisame, dan menggunakannya untuk menangkis serangan itu. Asuma, Kurenai, dan Kakashi kemudian berhadapan dengan dua anggota Akatsuki, tapi Kakashi menjadi korban Tsukuyomi Itachi. Mungkin Guy tiba tepat waktu untuk menghadapi duo Akatsuki ini dan guy memberitahu kurenai serta asuma cara yg tepat menghadapi pengguna sharingan. Tapi akhirnya pasangan akatsuki ini berhasil melarikan diri untuk mengejar Naruto Uzumaki, target sebenarnya mereka.

*Arc Pengejaran Sasuke

Sebelum Choji berangkat dengan tim yg dibuat oleh Shikamaru untuk mengejar Uchiha Sasuke dan Sound Four, Asuma memarahinya karena makan begitu banyak dan tidak cukup latihan. Setelah pemulihan Choji dari pertempuran melawan Jirobo Ninja oto,

dengan cepat dia mengembalikan berat badannya yang hilang, tetapi juga melakukan latihan yg lebih intens dgn Asuma.


*Arc Serangan Mizuki kembali


Dalam anime, Asuma dan Kurenai dikirim oleh Tsunade untuk membawa Chunin terpidana, Mizuki untuk diinterogasi, mengenai dugaan keterlibatannya dengan Orochimaru. Namun Pasangan ini tiba di Penjara Penjagaan Ketat konoha, malah disambut oleh segerombolan narapidana yg dibebaskan, termasuk Fujin dan Raijin Bersaudara bodoh legendaris. Karena Kalah jumlah, keduanya dipukuli sampai tidak sadar dan kemudian ditemukan oleh Naruto yang bergegas membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan medis.

  • [Asuma dalam Bagian II]
Asuma membuat debutnya dalam Bagian II saat berdiri di kuburan Hokage Ketiga, di mana ia berkomentar tentang bagaimana ia akhirnya mulai mengerti apa yg Hokage Ketiga telah ajari. Asuma mengaku bahwa ia sudah terlepas dari Konoha,
tapi setelah melihat bagaimana ayahnya mengorbankan dirinya untuk desa, ia sekarang bangga menjadi anggota dari klan Sarutobi.


Kemudian, ketika Naruto mulai pelatihan untuk menguasai chakra angin, ia datang ke Asuma, yang juga pengguna elemen angin, untuk membantunya. Asuma akan memberinya petunjuk, tapi jika ia setuju untuk membayar makanan bagi timnya (yang Naruto lupa, bahwa Choji termasuk di dalamnya).

*Arc Dua belas Ninja Pelindung

**ket gambar: Asuma membebaskan diri dari perangkap Kitane.

Setelah mendengar tentang serangan terhadap desa-desa yang berbatasan dengan Negara Api, Asuma bekerja sama dengan murid-muridnya untuk menyelidikinya. Karena ia sangat khawatir karena setiap desa itu adalah tempat seluruh anggota 12 ninja terbunuh. Setelah kembali ke Konoha untuk melaporkan, ia menemukan bahwa Sora, putra mantan rekannya dalam Dua Belas Ninja pelindung, Kazuma, untuk sementara menjadi bagian dari Tim Yamato sebagai gantin Sai yg terluka.

Awalnya,

Sora agak acuh tak acuh dengan Asuma, meskipun fakta bahwa ia pernah menjadi sekutu ayahnya, tapi setelah Asuma setuju untuk mengajarinya, bersama dengan Naruto, cara efektif menggunakan chakra elemen angin, Sora mulai bersahaja dgn asuma. Dengan cepat, Asuma menyadari bahwa Sora memiliki chakra yang luar biasa kuat, tidak seperti Naruto. Dan ternyata Sora memiliki senjata cakar yg terbuat dari logam yg sama dgn pisau milik asuma.

Sayangnya Sora, kemudian mengetahui kebenaran tentang hubungan Asuma dgn ayahnya, dan tahu bahwa Asuma adalah orang yg membunuh ayahnya. Dilanda kemarahan, Sora menyerang Asuma, menggunakan semua teknik yg dia terima dari Asuma. Asuma berhasil melumpuhkan Sora, namun Sora masih dipenuhi kemarahan untuk mendengarkan Asuma, menyebabkan dia lari dari desa.

Kemudian dalam serangan di Konoha, Asuma menemukan rencana untuk membangkitkan 4 pengguna chakra petir dari 12 ninja pelindung, sehingga mereka bisa menggunakan raimu raito untuk menghancurkan Konoha.

Setelah awalnya dikalahkan oleh mantan temannya, Kitane, ia berhasil "membunuh"nya dan menghentikan penyelesaian raimu raito. Dia kemudian menemukan bahwa dalang di balik invasi itu tak lain adalah Kazuma sendiri. Setelah pertempuran sengit, Asuma berhasil mengalahkan Kazuma. Sebelum Kazuma meninggal ia berbicara tentang masa depan dari Negara Api, Asuma dengan tenang mengatakan bahwa masa depannya akan baik-baik, karena ia akan memastikan bahwa "raja" tetap aman.

*Arc Hidan dan Kakuzu


**ket gambar: Asuma sebagai pemimpin tim Shotai Niju.
Asuma bekerja sama dengan Shikamaru, Kotetsu Hagane, dan Izumo Kamizuki sebagai anggota Niju Shotai. Timnya, bersama dengan beberpa kelompok lain, diperintahkan untuk mencari dan, jika mungkin, menangkap sepasang anggota Akatsuki yang memasuki Negara Api. Asuma dan timnya akhirnya melacak anggota Akatsuki, yaitu Hidan dan Kakuzu, pada Stasiun Bounty, 
di mana mereka dengan cepat menemukan Hidan yg bertarung dgn mereka pertama kali.
**ket gambar: Asuma memenggal Hidan.

Situasi memburuk, saat Hidan menyerang balik dgn ritual membuat dirinya terkait dgn asuma. Hidan menggunakan senjatanya untuk menyakiti dirinya sendiri dan otomatis melukai asuma. Dgn Berpikir cepat Shikamaru berhasil melepaskan ritual Hidan, dan memungkinkan Asuma untuk menenggal kepala hidan dengan chakra dari pisau-nya. Anehnya, kepala Hidan yang terputus masih bisa berbicara, mengucapkan permintaan pada Kakuzu untuk membantunya.

**ket gambar: Asuma sekarat.

Kakuzu akhirnya menjahit kepala Hidan kembali ke tubuhnya. Dengan tubuhnya yg pulih, Hidan kembali melakukan ritual, dan menusuk jantungnya sendiri. Meskipun pukulan itu tidak langsung membunuh Asuma, tapi luka itu sangat fatal. Sisa dari Tim 10 datang sebagai bala bantuan, setelah mendapat telepati dari pain duo akatsuki itupu
n pergi. Sebelum mati, Asuma meninggalkan beberapa kata perpisahan dengan murid-muridnya, 
dan merokok satu batang terakhir.




Kemudian, saat Shikamaru yang menuntut balas atas Hidan yg membunuh Asuma, asuma seperti muncul dan memberinya selamat telah mengalahkan sang abadi hidan. Setelah mempercayakan tekad Api-nya pada Shikamaru, Asuma menghilang dalam kepulan asap rokok sebelum muridnya itu menghabiskan Hidan dengan ledakan besar. Juga, dalam ingatan kilas baliknya, Shikamaru akhirnya bisa mengerti siapa Raja dari Shogi di dunia nyata. Itu adalah generasi berikutnya dari shinobi, seperti anak Asuma dan Kurenai yang belum lahir, dan bagaimana mereka akan belajar untuk peduli dan hidup damai oleh shinobi besar di hari ini. Itulah sebabnya Asuma mempercayakan anaknya kepada Shikamaru, sebagai gurunya di masa depan.

*Arc Sejarah Konoha

Asuma dan sisanya dari Tim 10 muncul dalam sebuah misi bersama dengan Tim Kakashi. Tujuan dari misi ini adalah untuk menyelamatkan cucu dari kepala bos geng bernama Baji. Setelah Shikamaru menganalisis situasi,

ia menyarankan agar ia dan Kakashi mengambil rute alternatif ke benteng Baji. Akhirnya, setelah menavigasi melalui semua jebakan dalam gua, ia dan Kakashi mengetahui bahwa misi sudah selesai tanpa bantuan mereka.


*Arc Perang Dunia Shinobi



**ket gambar: Asuma dihidupkan kembali, bersama Hizashi dan Dan.
Dalam persiapan untuk Perang Dunia Shinobi Keempat, Asuma dibangkitkan oleh Kabuto Yakushi untuk melawan Aliansi Shinobi, ia dihidupkan bersama Hizashi Hyuga dan Dan Kato. Saat itu ia menyatakan bahwa ia memiliki perasaan tidak menyenangkan. Pindah ke pantai Negara Petir, Asuma muncul dari laut bersama Pasukan Zetzu putih dan edo tensei yang lain, sebelum terlibat dgn Divisi I. Ia Menghadapi Choza Akimichi dibantu Dan pada awalnya, ia segera memisahkan diri dari mereka dan mulai melawan shinobi lain, dgn menyalakan teknik api-nya.


**ket gambar: Asuma menyerang Choji.
Asuma kemudian bertemu dengan para mantan muridnya, ia memuji mereka karena pertumbuhan mereka, sebelum mereka akhirnya bertarung.

Bergerak tanpa sadar, Asuma mencoba untuk memberikan bantuan apa yang dia bisa, menasihati mereka pada metode terbaik untuk menghadapinya. Meskipun ragu-ragu, Shikamaru dan Ino bisa melawan asuma dan melepaskan keengganan mereka, tetapi Choji tidak bisa menyerang guru tercintanya. Hal ini membuat kesempatan bagi Asuma untuk menggunakan Fuuton: Fujin no Jutsu-nya, namun Ino berhasil mendorong Choji agar tidak terkena. Asuma mencoba memprovokasi Choji namun itu sia-sia, bahkan ketika ia memanggilnya gendut.

**Ket Gambar: Kata terakhir Asuma sebelum disegel.
Ino pun mengambil kendali tubuh Choji dalam rangka untuk melawan Asuma, tetapi ketika ia berusaha untuk menekankan pentingnya tindakan mereka, Asuma memanfaatkannya dengan menyerang mereka dgn Katon: Haisekisho. Choza melindungi mereka dari serangan itu, dan akhirnya memberikan Choji motivasi yang sangat diperlukan. Mengamati keyakinan baru Choji, Asuma gembira dan mendorong mereka untuk mengalahkannya.

Diatasi dengan kerja sama Ino dan Shikamaru, Asuma tidak dapat menghindari serangan terakhir Choji dan ini melemparkannya ke tebing di dekatnya, di mana dia akhirya tak dapat bergerak. Ia Memuji siswanya karena formasi mereka yang sempurna dan berterima kasih kepada mereka, Asuma akhirnya benar-benar terikat dan disegel oleh Tim Penyegel.
  • [Asuma Di Dalam Movie]
*Naruto Shippuden 3: inherior will of fire

Asuma muncul sebagai penampakan di hati nurani Shikamaru saat memimpin satu peleton yang terdiri dari Konoha 11 yg bertugas untuk mengejar Naruto dan Sakura (yang kemudian mengejar Kakashi yg dicuci otak). Setelah dihadapkan Kecerobohan Naruto, Asuma menyuruh shikamaru untuk tetap tinggal seperti Naruto yg hanya mengikuti tekad Api-Nya, dan membantu naruto.

*Naruto Shippuden 4: The Lost Tower

Asuma muda, bersama dengan Kurenai, Might Guy, dan Kakashi Hatake, terlihat menunggu dalam barisan panjang di pembukaan Ramen Ichiraku.




  • ‎[Video Game]

Asuma Sarutobi adalah karakter yang dapat dimainkan dalam permainan video berikut:


j: release versi japanese
e: release versi english

- Naruto Shippuden: Clash of Ninja Revolution 3 (e: 17 November 2009)
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! EX 2 (j: 29 November 2007)
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! EX 3 (j: 27 November 2008)
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! Special (j: 2 Desember 2010)
- Naruto Shippuden: Shinobi Retsuden 3 (j: 29 April 2009 e: 1 Juli 2011)
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja 4 (j: 5 April 2007 e: 24 Maret 2009)
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja 5 (j: 20 Desember 2007 e: 27 November 2009)
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Heroes 3 (j: 10 Desember 2009 e: 11 Mei 2010)
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 2 (j: 21 Oktober 2010 e:19 Oktober 2010)
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Generation (j: 23 Februari 2012 e: 13 Maret 2012)
- Naruto: Clash of Ninja Revolution 2 (e: 21 Oktober 2008)

- Naruto: Ultimate Ninja (j: 23 Oktober 2003 e: 26 Juni 2006)
- Naruto: Ultimate Ninja 2 (j: 30 September 2004 e: 12 Juni 2007)
- Naruto: Ultimate Ninja 3 (j: 22 Desember 2005 e: 25 Maret 2008)

  • [Trivia]
- Asuma memiliki potongan rambut yang sama seperti ayahnya, Hiruzen. Mereka juga sama-sama punya jenggot dan merokok.
- Menurut databook:
¤ Hobi Asuma adalah bermain shogi.
¤ Asuma ingin melawan Shikamaru (dalam Shogi).
¤ Makanan favorit Asuma adalah sosis dan soba dengan Tororo. Makanan paling favoritnya adalah asparagus.
¤ Asuma telah menyelesaikan 719 misi resmi dgn total: 111 rank-D, 193 rank-C, 217 rank-B, 178 rank-A, 20 rank-S.
¤ Frase favorit Asuma adalah "Jangan sekarang!" (
今のナシ!
, Ima no Nashi!!).

  • [Quotes]
- (Untuk Ino, sebelum ia meninggal) "Ino, kau berkemauan keras, dan bisa diandalkan. Choji dan Shikamaru, jauhkan mereka dari kesalahan... Dan, jangan biarkan Sakura mengalahkanmu. Dalam ninjutsu, atau percintaan."

- (Untuk Choji, sebelum ia meninggal) "Choji, Kau adalah seorang pria yang baik yang peduli pada rekan-rekannya. Itu sebabnya... Kau akan menjadi seorang shinobi yg lebih kuat daripada orang lain. Jadilah lebih percaya diri pada diri sendiri.. Dan aturlah pola makanmu sedikit."
- (Untuk Shikamaru, sebelum ia meninggal) "Dan Shikamaru Kau begitu cerdas .... Dan memiliki rasa sebagai shinobi. Kau pasti bisa menjadi Hokage. Tapi ... kau terlalu malas ... Kau mungkin akan membencinya. Aku bahkan tidak pernah mengalahkanmu sekalipun dalam shogi ... Ah, ya ... Ingat pembicaraan kita tentang Raja?..."
- (Untuk Shikamaru, sebelum ia meninggal) "raja" adalah anak-anak yang belum lahir yang akan tumbuh untuk melindungi konoha. Salah satunya adalah yg masih dalam kandungan Kurenai... miliknya dan anakku Jaga dia Rajaku!"
- (Kata terakhir) "Aku ingin satu rokok terakhir."


‎- (Untuk Tim 10 tentang kata-kata terakhirnya sebelum disegel) "Lalu izinkan aku menambahkan kepada mereka dengan sesuatu yang aku tak bisa katakan waktu itu... aku punya satu hal lagi untuk dikatakan kepada kalian bertiga. Ino-Shika-Cho formasi Anda sempurna"

*alih bahasa: nanda narudemi
*sumber english: http://naruto.wikia.com/wiki/asuma

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
All Right Reserved | Copyright © 2011 by Fadhiil Rachman | Designer Template by MFR Community & Chibi Maximus & Saung Cheater